MotivasiQuotes
Trending

Satu Dosa Akan Menarik Dosa Lain

“Satu dosa yang kau perbuat hari ini akan menarik dosa-dosa lain yang akan kau lakukan esok hari”.

Ibnu Thurab

Bayangkan pada kalimat di atas, terkadang kita memang mencoba untuk memahaminya tapi untuk yang satu ini penulis 100% yakin, saat membacanya otomatis pikiran merespon apa yang pernah di lakukan tubuh. Sesaat kita termenung dan pada saat itu pula mulut seakan berbicara tanpa suara : “Eh …. Iya bener juga ya! Misalnya kita coba-coba nih, ah sekali aja lah ngambil barang orang misalnya pena doang, kecil dosanya, eh besoknya coba lagi gk papalah sekali lagi akhirnya keterusan dan parahnya kali ini bukan cuma pena tapi harga yang lebih besar dari pada itu”. Nah kita secara spontan kita akan langsung paham saat mendengar kalimat ini.


Sekarang penulis bertanya pada pembaca lalu jawab dalam hati kalian yang paling dalam.

Penah gak sih kalian merasakan hak yang sama seperti di atas? Bener gak sih satu dosa pertama akan mendorong, menarik-narik dosa selanjutnya? Ada gak sih dosa yang gak nikmat, yang gak enak, yang gak bikin ketagihan?

Berkata Asy_Syaikh  as-Sa’dy rahimahullah : 


الحذر من شؤم الذنوب، فكم من ذنب واحد استتبع ذنوبا كثيرة تسلسل الشر المؤسس على الذنب الأول

“Waspada dari buruknya dosa. Betapa banyak sebuah dosa akan menyusul dan mengikuti sekian banyak dosa dan serangkaian kejelekan yang dibangun diatas dosanya yang pertama.”
 Qoshoshul Anbiya 186. 


Jadi, jangan sekali-kali mencoba berbuat dosa yang kita anggap itu hanya dosa kecil biasa, sebab sekali kita lakukan akibatnya akan berkelanjutan. Terkadang kita yang banyak bicara terkait Istiqomah dalam hal kebaikan dan berusaha untuk melakukannya tidak menyadari ternyata kita malah melakukan keistiqomahan dalam hal kejelekan.

baca lainnya : Pengertian Fiqih Kontemporer Secara Singkat

by : Ibnu Thurab

Thuadmin

Mahasiswa S1 INTERNASIONAL UNIVERSITY OF AFRIKA Asal : Padang Cermin, Pesawaran, Lampung TTL : 30 Desember 1999

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button